Strategi Bisnis Sayuran Online yang Praktis untuk Pemula

0 comments

Ya, sekarang eranya jualan online. Hampir semua kebutuhan bisa ditemukan dengan mudah di internet. Dengan kata lain, apa saja bisa Anda jual secara online, termasuk jenis produk sayuran.

Namun meskipun demikian, tetap saja tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan kesuksesannya. Bahkan tak sedikit pula pelaku bisnis sayuran online yang pada akhirnya tutup di tengah jalan. Kisah – kisah yang semacam ini mungkin akan membuat Anda keder berusaha. Tetapi percayalah, sukses adalah hak semua orang.

Buat Anda yang kebetulan ingin mencoba menjalankan bisnis sayuran, berikut ada strategi bisnis paling efektif dan praktis untuk pemula yang bisa dicoba. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Strategi Bisnis Sayuran Online yang Praktis untuk Pemula

Kenali nilai jual produk Anda

Langkah pertama menjalankan bisnis sayuran adalah mengenali nilai jual produk yang akan Anda jual. Kira – kira apa kelebihan produk sayuran Anda? Selain itu, jangan lupa pula untuk mengetahui kelebihan produk sayuran milik kompetitor agar Anda bisa melakukan sebuah perbandingan. Dengan begitu Anda akan terbantu untuk meningkatkan kualitas dari produk sayuran Anda tersebut.

Membuat website toko online sendiri

Meskipun saat ini ada banyak marketplace yang bisa digunakan untuk jualan, tetapi Anda tetap disarankan untuk membuat website toko online sendiri. Mungkin awal – awalnya terbilang rumit dan sulit, bahkan ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum bisa go online. Dengan memiliki website toko online sendiri, maka Anda akan lebih mudah membangun brand, USP dan kelebihan produkmu bisa ditonjolkan dengan sangat baik, bahkan melalui toko online sendiri inilah Anda juga memiliki kendali penuh atas data – data.

Menggunakan strategi content marketing

Apa itu content marketing? Ini adalah sebuah teknik promosi paling jitu yang bertumpu pada pembuatan konten. Bukan sembarang konten yang akan dibuat, tetapi konten yang benar – benar relevan, bermanfaat, penting, dan sudah pasti bisa menarik audiens dalam jangka panjang. Semakin bagus dan bermanfaatnya konten yang dibuat, maka semakin besar lagi kemungkinan bisnis sayuranmu ditemukan calon pelanggan lewat Google.

Aktif di berbagai sosial media

Meskipun sudah memiliki website toko online sendiri, tetapi Anda tidak disarankan untuk melupakan sosial media. Sebab, sosial media sampai saat ini masih menjadi channel paling penting untuk mempromosikan produk sayuran Anda. Bahkan dari sosial media ini pula, pintu pertama perkenalan dibuka kepada calon pelanggan.

Memanfaatkan word of mouth marketing

Apabila Anda memiliki budget lebih, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan promo lewat selebgram atau micro influencer lain. Hanya dalam waktu singkat, bisnis sayuran Anda bisa dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu jangkauan orang yang mengenal bisnismu pun bisa bertambah luas. Tetapi apabila modal bisnis sayuranmu ternyata sangat minim, maka Anda perlu mencari cara lain yang lebih efektif. Misalnya dengan menyediakan kolom review pelanggan di website toko online Anda. Melalui review inilah, calon pelanggan Anda bisa menilai kualitas dari sayuran dan pelayanan bsinismu.

Mencoba mengiklankan lewat Facebook, Instagram, dan YouTube

Strategi bisnis sayuran online yang terakhir masih berkaitan dengan sosial media. Alasannya, sosial media memang memiliki pengaruh cukup besar dalam sebuah bisnis. Memasang iklan di sosial media tidak hanya membantu meningkatkan exposure dan brand awareness produk sayuranmu, tetapi juga membuka kesempatan yang lebih besar lagi untuk meningkatkan sales Anda.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang strategi bisnis sayuran online yang praktis untuk pemula. Semoga bermanfaat.

 

Supplier Sayur Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.