Kandungan dan Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan

0 comments

Bayam (Amaranthus SPP) adalah jenis sayur mayur yang berasal dari Amerika. Pada umumnya, di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, bayam banyak dimanfaatkan sebagai sayur mayur yang enak dan lezat. Ada berbagai jenis masakan yang dibuat dari bahan utama bayam, seperti urap – urap, lalapan, pecel, dan lain – lain. Namun, tahukah Anda bahwa sayur bayam ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Kandungan Sayur Bayam:

Kalori : 36 kal

  • Protein : 3.5 g
  • Lemak : 0.5 g
  • Hidrat Arang : 6.5 g
  • Vitamin B1 : 908 mg
  • Vitamin A : 6.090 SI
  • Vitamin C : 80 mg
  • Kalsium (Ca) : 267 mg
  • Fosfor (P) : 67 mg
  • Besi (Fe) : 3.9 mg
  • Air : 86.9 g

 

Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan:

Mendukung program diet

Di dalam 1 porsi sayur bayam rebus mengandung 36 kalori, yang terdiri dari lemak, karbohidrat, dan protein. Kandungan gizi inilah bisa dijadikan sebagai menu diet Anda. Oleh karenanya, buat Anda yang sedang dalam proses diet sangat disarankan sekali untuk mengkonsumsi sayur bayam rebus lebih rutin di setiap harinya.

Bisa melawan kanker

Sayur bayam ternyata juga mengandung flavonoid yang dikenal memiliki sifat anti kanker. Kandungan flavonoid tersebut diklaim mampu menurunkan resiko kanker dan mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi sayur bayam setiap hari, maka beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, prostat, payudara, rahim, dan lainnya tidak bisa melakukan pembelahan sel kanker di dalam tubuh.

Menguatkan tulang

Bayam adalah jenis sayur yang memiliki kandungan mineral di dalamnya, seperti tembaga, magnesium, seng, dan fosfor. Kandungan mineral inilah dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Sementara itu untuk fosfornya sendiri juga mampu menjaga kelenturan tulang, juga dapat menghindari dari keretakan tulang.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A di dalam sayur bayam juga dikenal cukup banyak sekali. Seperti yang diketahui, vitamin A menjadi salah satu jenis vitamin yang mampu membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan karotenoidnya juga mampu mencegah terjadinya penyakit degenerasi makula mata dan katarak.

Melindungi kerusakan lapisan saluran pencernaan

Bayam juga mengandung molekul glycoclycerolipids, ini merupakan jenis molekul yang ada kaitannya dengan lemak dan asalnya dari selaput organ yang dikenal cukup sensitif terhadap cahaya pada tumbuhan. Molekul pada bayam tersebut dapat melindungi peradangan yang terjadi di dalam lapisan saluran pencernaan.

Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin A di dalam bayam tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, tetapi juga berfungsi sebagai salah satu komponen yang prosuksi limfosit. Prosuksi limfosit atau sel darah putih ini mampu memerangi penyakit juga infeksi yang menyerang tubuh. Sehingga membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Mencegah diabetes

Jika berbicara mengenai manfaat sayur bayam maka ada banyak sekali, salah satunya untuk mencegah diabetes. Ya, bayam memang dikenal sebagai jenis sayur mayur yang mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari sayur bayam, Anda harus mengkonsumsi bayam di setiap harinya. Selain itu, kandungan magnesium yang ada di dalamnya juga mampu mencegah terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.

Nah, itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang kandungan dan manfaat sayur bayam bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.