Ini Manfaat Terong Hijau dan Kandungannya

0 comments

Manfaat terong hijau ternyata tidak hanya bisa dijadikan menu tambahan yang super lezat sebagai teman makan nasi, tetapi juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Ya, jenis sayuran satu ini dikenal baik untuk mendukung kesehatan otak dan menangkal radikal bebas, sehingga berbagai jenis penyakit bisa ditangkalnya dengan baik.

Tak perlu khawatir, sebab sayur terong hijau juga baik dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui. So, mulailah mengkonsumsi sayur terong hijau ini untuk menjaga kesehatan tubuhmu secara menyeluruh. Namun sebelumnya, sebaiknya simak dulu rangkuman manfaat terong hijau dan kandungannya di bawah ini.

Manfaat Terang Hijau

Menjaga kesehatan tulang

Banyak manfaat yang ditawarkan jenis sayuran satu ini untuk tulang, antara lain mencegah degradasi tulang dan osteoporosis. Pastinya yang demikian bukan tanpa alasan, sebab di dalam terong hijau terdapat senyawa fenolik yang akan menyehatkan tulang, mencegah osteoporosis, dan meningkatkan kepadatan mineral tulang. Selain itu, terong hijau juga mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi. Ini merupakan jenis zat penting untuk menjaga kekuatan tulang secara menyeluruh.

Mencegah anemia

Kekurangan zat besi tidak hanya bisa menyebabkan anemia, tetapi juga sangat membahayakan kesehatan tubuh. Pada umumnya anemia ditandai dengan munculnya migrain, kelelahan, depresi, dan kerusakan kognitif. Mengkonsumsi terong hijau yang dikenal tinggi akan zat besi sangat membantu mengatasi anemia dan kaya akan tembaga sebagai komponen penting sel darah merah.

Menjaga fungsi otak

Disebut juga dengan fitonutrien, terong hiju juga dikenal sebagai penguat aktifitas kognitif dan kesehatan mental. Jenis sayuran ini bahkan tidak hanya mampu menangkal radikal bebas, tetapi juga dapat meningkatkan aliran darah menuju otak. Sementara itu untuk kandungan kaliumnya sendiri bertindak sebagai booster otak dan vasilidator, sehingga bisa dibilang terong hijau merupakan satu – satunya makanan otak terbaik.

Mencegah bayi lahir cacat

Ya, terong hijau juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Alasannya, di dalam terong hijau terdapat kandungan asam folat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi ibu hamil. Folat sendiri merupakan bagian terpenting yang wajib tercukupi selama masa kehamilan, dengan begitu bayi terlindungi dari cacat tabung syaraf.

Menurunkan resiko diabetes

Manfaat terong hijau lainnya adalah bisa menurunkan resiko diabetes, sebab terong hijau dikenal memiliki sifat yang sama seperti insulin sehingga berbagai komplikasi bisa dicegah. Manfaat terong hijau ini bahkan sudah dibuktikan dibeberapa study yang dilakukan di negara Asia.

Mengontrol tekanan darah

Manfaat lain dari terong hijau, yakni bisa mengendalikan tekanan darah. Seperti yang kita tahu, tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama dari stroke, serangan jantung, dan beberapa kondisi lainnya yang ada kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Semua bisa didapatkan karena terong hijau tinggi kandungan potasium.

Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C di dalam sayur terong hijau juga baik dikonsumsi sebagai makanan solusi kecantikan dan kesehatan kulit. Terong hijau bahkan efektif untuk melembabkan, menghaluskan, dan melindungi kulit dari kanker kulit. Selain itu, terong hijau juga dipercaya efektif menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Kandungan Terong Hijau

  • Energi : 24 kkal
  • Protein : 1.1 g
  • Lemak : 0.2 g
  • Karbohidrat : 5.5 g
  • Kalsium : 15 mg
  • Fosfor : 37 mg
  • Vitamin A : 30 IU
  • Vitamin B1 : 0.04 mg
  • Vitamin C : 5 mg

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang manfaat terong hijau dan kandungannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.