Cara Petani Sayur Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah

0 comments

Bagaimana cara petani sayur menanam sayuran hidroponik di rumah? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya silakan simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Tak bisa dipungkiri memang, bahwa kebutuhan akan sayur mayur dalam tubuh tidak bisa terelakkan lagi. Alasannya, di dalam sayuran terkandung beragam nutrisi dan vitamin. Khususnya untuk kandungan seratnya sendiri yang diperlukan untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. Itulah alasan kenapa kita diharuskan untuk mengkonsumsi sayur mayur di setiap harinya.

Untuk menjaga pasokan sayur di setiap hari, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam sayur sendiri di rumah. Tak perlu khawatir, sebab cara menanam sayuran ini sebenarnya mudah sekali. Bahkan Anda tidak harus menggunakan media tanah, untuk menanam sayur mayur Anda bisa menggunakan air, atau yang biasanya disebut dengan hidroponik.

Cara Petani Sayur Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah

Apa itu hidroponik? Secara umum pengertian hidroponik adalah suatu budidaya menanam menggunakan air, dan lebih menekankan pada penumbuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman. Meskipun demikian, kebutuhan air untuk teknik menanam secara hidroponik ini ternyata lebih sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan air pada budidaya menggunakan media tanah.

Menanam sayuran hidroponik bahkan dianggap lebih efisien, jadi cocok diaplikasikan di daerah – daerah yang memiliki pasokan air terbatas. Apabila Anda tertarik untuk mencoba menanam sayuran hidroponik, berikut langkah – langkah menanam dari petani sayur yang bisa Anda contoh.

Menanam sayuran hidroponik menggunakan Nutrient Film Technique (NFT)

Ini adalah cara petani sayur dalam menanam sayuran hidroponik yang bisa dibilang paling populer, dan digunakan oleh banyak orang.

  • Cara tanam sayuran dengan teknik hidroponik NFT mudah sekali, pertama silakan Anda siapkan beberapa pipa atau talang dan juga pompa.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan melubangi pipa sesuai dengan panjangnya.
  • Pastikan semua jarak antara lubang satu dengan lubang yang lainnya sama.
  • Kemudian Anda bisa menyusun pipa atau talang yang sudah disiapkan untuk menjadi tempat menanam tanaman.
  • Siapkan juga penampung di bagian ujung pipa yang lebih rendah.
  • Setelah itu Anda bisa memasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi. Tujuannya, agar alirannya bisa maksimal.

Cara di atas memiliki konsep dasar menanam akar tanaman, yang kemudian akan bertumbuh dengan baik pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam. Juga berguna untuk menjaga sirkulasi tanaman agar tetap mendapatkan oksigen, nutrisi, dan air dengan baik.

Menanam sayuran hidroponik menggunakan WICK

Lalu untuk cara atau teknik menanam sayuran hidroponik yang berikut ini juga tidak kalah terkenalnya dengan cara di atas. WICK adalah cara paling disukai para petani sayur sebab pembuatannya yang mudah. Bahkan bahan – bahan yang dibutuhkan lebih terjangkau.

  • Siapkan bahan – bahan yang dibutuhkan, seperti 1 botol air mineral, alat pemotong, sumbu kompor atau kain flanel, alat untuk melubangi bisa solder atau paku, dan air nutrisi.
  • Apabila semua bahan tersebut sudah Anda siapkan, maka langkah pertamanya adalah memotong botol menjadi dua bagian, lubangi tutup botol.
  • Jika sudah, gabungkan kedua bagian botol. Caranya mudah sekali, yakni dengan membalikkan bagian moncong botol menghadap ke bawah.
  • Pasangkan sumbu kompor atau kain flanel dibagian lubang pada tutup botolnya.
  • Jangan lupa, pastikan sumbu atau kain flanel bisa menyerap nutrisi dengan baik.
  • Tanam bibit tanaman tepat dibagian atas botol dengan tanah secukupnya.
  • Terakhir, isi bagian botol bawah dengan air nutrisi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara petani sayur menanam sayuran hidroponik di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.